Kebanyakan orang mungkin masih beranggapan bahwa barista sama dengan bartender. Walaupun keduanya sama-sama berada di area bar dan meracik minuman, tetapi terdapat perbedaan mendasar antara barista dan bartender.

 

Pengertian Barista

Barista merupakan seseorang yang pekerjaannya membuat, menyiapkan, dan menyajikan berbagai jenis kopi. Biasanya, barista sengaja dipekerjakan di sebuah kedai kopi atau coffee shop dan bertugas menyajikan minuman kopi sesuai pesanan pelanggan.

Secara etimologi, kata “barista” berasal dari kata Italia yang berarti “bartender”. Namun, seiring berjalannya waktu, istilah “barista” semakin sering diartikan sebagai seseorang yang ahli dan terampil menyajikan kopi.

Tugas Barista

Profesi yang semakin digemari di kalangan generasi milenial ini biasanya dituntut memiliki keahlian utama membuat kopi berbasis espresso (espresso based). Maka dari itu, seorang barista harus mahir menggunakan mesin espresso dan menambahkan berbagai elemen ekstra untuk menciptakan secangkir kopi istimewa. Tidak hanya itu, barista juga biasanya terlatih untuk melakukan metode penyeduhan manual brew untuk memenuhi selera pelanggan.

Dalam praktiknya, barista juga dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas mengenai berbagai jenis biji kopi dan sejarahnya agar mampu meracik cita rasa kopi terbaik. Ada kalanya beberapa jenis kopi akan lebih nikmat apabila ditambahkan dengan elemen lain seperti susu, cream, atau cokelat. Selain itu, tekstur, aroma, dan suhu yang digunakan juga harus tepat agar minuman kopi menjadi semakin menggugah selera.

Keunikan Cita Rasa Setiap Barista

Enak atau tidaknya secangkir kopi memang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tetapi, salah satu pendukung paling penting agar Anda bisa menyeruput secangkir kopi nikmat adalah keahlian si barista. Dapat dikatakan, seorang barista sama seperti seorang chef. Masing-masing memiliki keterampilan dan keahlian dalam meracik sebuah minuman kopi agar menghasilkan “karya” sajian yang bisa dinikmati dan disukai pelanggan.

Itulah sebabnya, terkadang cita rasa kopi yang disajikan oleh coffee shop A rasanya berbeda dengan minuman kopi yang disajikan oleh coffee shop B. Padahal, Anda memesan jenis minuman yang sama.

Bagaimana Memulai Karir Sebagai Barista Profesional?

Barista profesional membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk belajar dan meracik kopi serta menguasai berbagai teknik penyajian kopi. Tentunya akan sulit menjadi seorang barista handal tanpa passion dan semangat.

JIka Anda tertarik untuk memulai karir Anda sebagai barista, saat ini banyak program kelas atau kursus barista yang ditawarkan di beberapa coffee shop di tanah air, misalnya kelas basic espresso, basic latte, manual brew, cupping, dan pelatihan fundamental perkopian lainnya. Nah, apakah Anda tertarik menjadi seorang barista?

 

Sumber: Sasame Coffee & Otten Coffee