Berlandaskan kebanggaan kami terhadap cita rasa kopi nusantara, Indische Archipel Roastery berdedikasi untuk menghasilkan biji kopi terbaik yang dipilih langsung dari perkebunan Indonesia.

Image Alt

Macam-macam Kopi Espresso-based

Macam-macam Kopi Espresso-based

Latte.. espresso.. cappuccino.. dan masih ada banyak jenis minuman kopi yang bisa Anda jumpai di cafe. Terkadang, orang awam kebingungan ketika ditanya barista ingin memesan minuman kopi apa. Tetapi, Anda tak perlu bingung! Berikut adalah beberapa jenis kopi dan perbedaannya yang perlu Anda ketahui.

 

Espresso

Dibuat dengan mengekstraksi kopi dengan mesin bertekanan tinggi, espresso umumnya memiliki cita rasa yang tebal dan kental. Hasil seduhan terlihat hitam pekat dan terdapat crema yang melapisi permukaan kopi espresso berupa busa lembut berwarna cokelat. Anda bisa menyeruput crema ini untuk mendapatkan kenikmatan rasa ekstra.

Istilah espresso berasal dari bahasa Italia yang berarti “express” alias cepat. Maka dari itu, setelah diracik oleh barista, kopi espresso harus segera disajikan dan dinikmati dalam ukuran saji sekitar 30-45 ml. Espresso biasanya menjadi racikan minuman dasar untuk jenis-jenis kopi espresso-based lainnya.

Americano

Jika Anda kurang suka kopi espresso karena terlalu kental, maka Anda bisa meminta barista menambahkan air putih panas. Jenis kopi espresso ini kerap dikenal sebagai americano. Rasanya lebih halus dan tidak terlalu pekat, dengan aroma yang tetap kuat.

Long Black

Dilihat sepintas, tampilan americano dan long black memang hampir mirip, begitu juga dari segi komposisi racikannya. Yang membedakan keduanya adalah cara menyeduhnya.

Americano dibuat dengan menambah air panas di atas espresso. Sedangkan long black dibuat dengan menambahkan espresso di atas air panas. Pada long black, crema masih terbentuk di atas permukaan kopi. Sedangkan pada americano, crema hampir tidak ada karena siraman air panas yang memecah crema.

Latte

Membuat latte dilakukan dengan mencampur espresso dan susu yang sudah dipanaskan atau diuapkan. Susu yang terus dipanaskan dengan uap ini akan menciptakan busa lembut seperti foam. Foam inilah yang kemudian menjadi dasar dari berbagai kreasi seni yang disebut sebagai latte art.

Cappuccino

Cappuccino diracik dengan takaran sepertiga espresso, sepertiga foam atau busa, dan sepertiga susu yang sudah dipanaskan dengan cara penguapan. Alhasil, tekstur cappuccino memiliki lebih banyak foam dan lebih sedikit susu.

Macchiato

Pada dasarnya macchiato dibuat dari perpaduan susu dan espresso. Dalam bahasa Italia, macchiato berarti “bercak”. Hal ini karena busa atau foam susu yang berada di atas permukaan espresso berbentuk seperti bercak atau noktah.

Terdapat dua jenis macchiato, yakni latte macchiato (lebih banyak takaran susu dibandingkan espresso) dan coffee macchiato (lebih sedikit takaran susu ketimbang espresso dan disajikan dalam cangkir kecil). Perbedaan lain latte macchiato dan coffee macchiato adalah suhu saat disajikan. Coffee macchiato disajikan dalam kondisi suhu panas, sedangkan latte macchiato disajikan dingin.

Mochaccino

Para penggemar cokelat bisa menikmati cita rasa mochaccino sebagai pilihan hangout di cafe. Racikan mochaccino dibuat dari kombinasi susu steamed, espresso, dan cokelat.

Sesuai namanya, minuman ini berasal dari sebuah kota ikonik di Yaman bernama Mocha. Kota pelabuhan yang menjadi tempat “kelahiran” mochaccino sekaligus sebagai kota pelopor penghasil komoditas kopi dunia.

Affogato

Affogato bisa menjadi alternatif untuk anak atau remaja yang ingin mencoba untuk menikmati kopi. Kopi espresso ini disajikan dalam gelas yang ditambah dengan beberapa scope ice cream manis dan menyegarkan.

Dalam bahasa Italia, affogato bermakna “tenggelam”, karena lama-kelamaan es krim akan meleleh dan tenggelam dalam espresso.

Ristretto

Ristretto dalam bahasa Italia berarti “restricted” atau dibatasi (airnya). Ciri khasnya adalah menggunakan lebih sedikit air dibandingkan espresso. Bahkan, rasio perbandingan antara kopi dan air adalah espresso – 1:2 dan ristretto – 1:1. Dengan begitu, rasa yang dihasilkan cenderung lebih pekat dan tebal. Dalam secangkir ristretto, umumnya takaran yang disajikan hanya sekitar 15-20 ml.

Lungo

Untuk membuat Lungo, barista akan menambahkan dosis air yang lebih banyak daripada racikan espresso. Takaran saji Lungo sekitar 130-170 mililiter per cangkir.

Doppio

Diracik dengan dobel takaran espresso, Doppio juga sering disebut dengan istilah double shot coffee. Takaran saji Doppio sekitar 60 ml per cangkir.

Con Panna

Jika enggan dengan rasa pahit dalam espresso, con panna menawarkan keunikan ekstra whipped cream yang manis. Biasanya, whipped cream ditambahkan sesuai permintaan agar cita rasa espresso jadi lebih menarik dan menggugah selera.

 

Nah, beberapa macam espresso-based di atas bisa Anda coba pesan sewaktu hangout atau bersantai dengan teman atau orang terdekat di cafe. Mana nih yang mau Anda coba terlebih dulu?

 

Sumber: Sasame Coffee