Berlandaskan kebanggaan kami terhadap cita rasa kopi nusantara, Indische Archipel Roastery berdedikasi untuk menghasilkan biji kopi terbaik yang dipilih langsung dari perkebunan Indonesia.

Image Alt

Sudah Tahukah Anda Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika?

Sudah Tahukah Anda Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika?

Dapat dikatakan, kopi Robusta dan kopi Arabika merupakan jenis kopi yang paling populer. Hampir sebagian besar coffee shop di seluruh dunia menyajikan kedua jenis biji kopi yang terkenal ini ke dalam menunya.
Meski keduanya sama-sama nikmat, sebenarnya ada beberapa perbedaan mendasar antara kopi Robusta dan Arabika. Bukan pencinta kopi sejati namanya jika Anda belum mengetahui perbedaannya. Berikut adalah 7 perbedaan antara kopi Robusta dan Arabika yang perlu diperhatikan.

 

Arabika Robusta
1 Biji Kopi Lebih besar, pipih,
dan sedikit lonjong (oval).
Lebih kecil dan berbentuk bulat.
2 Kadar Kafein Lebih rendah.
Antara 1,1%-1,5%.
Lebih tinggi.
Antara 2,2% – 2,7%.
3 Aroma & Rasa Biasanya memiliki aroma buah-buahan dengan sedikit rasa asam dan manis. Biasanya memiliki aroma kacang yang dominan dengan rasa cenderung pahit.
4 Penyajian Lebih nikmat disajikan tanpa tambahan gula agar cita rasa asli dapat dinikmati secara otentik. Lebih sering disajikan dengan tambahan elemen lain seperti cream, foam, atau susu.
5 Kadar Keasaman Lebih rendah, sekitar 5,5-8% sehingga lebih aman dikonsumsi untuk pemilik lambung sensitif. Lebih tinggi, sekitar 7-10%.
6 Lokasi Tanam Baik ditanam di dataran tinggi, 700-1.700 m di atas permukaan laut. Hanya tumbuh pada daerah berketinggian 400-700 m di atas permukaan laut.
7 Budidaya Lebih sulit ditanam karena hanya mampu tumbuh di lingkungan yang lembap. Ini yang menyebabkan harga kopi Arabika relatif lebih mahal dibandingkan kopi Robusta. Lebih mudah ditanam karena dapat bertahan di cuaca ekstrim atau panas. Selain itu, kopi Robusta juga tahan terhadap serangan hama dan penyakit karena kadar keasaman klorogenik yang cukup tinggi.

 

Sumber: Tokopedia